Keuntungan Retrofitting Pembangkit Listrik

Melakukan retrofitting terhadap pembangkit listrik yang sudah tua memanglah sebuah keharusan. Selain mencegah pembangkit listrik kehilangan fungsinya, retrofitting juga mendatangkan keuntungan. Untuk melakukannya, ada baiknya didiskusikan dengan konsultan pembangkit listrik.


Apa Itu Retrofitting Pembangkit Listrik?
Secara harfiah, retrofitting berarti perkuatan. Melakukan retrofitting pada pembangkit listrik berarti melaksanakan upaya-upaya yang dapat mengembalikan efisiensi dan performa pembangkit listrik seperti awal instalasinya. Dengan kata lain, retrofitting bisa juga diartikan sebagai peremajaan.

Layanan retrofitting bisa didapatkan dari jasa seperti Sewatama Power Service Solution. Tidak hanya pengerjaannya, konsultasi sebelum memutuskan retrofitting juga bisa dilakukan. Dengan konsultasi, akan dapat diputuskan langkah yang paling tepat dalam melakukan retrofitting.

Keuntungan Retrofitting
Biaya yang dikeluarkan untuk melakukan retrofitting tentunya sebanding dengan keuntungan yang didapatkan. Setidaknya terdapat 3 keuntungan dari retrofitting pembangkit listrik, yaitu sebagai berikut:

1. Sistem Pembangkit Listrik dapat Ditata Ulang
Seiring berjalannya waktu, sistem pembangkit listrik yang digunakan untuk menunjang kebutuhan listrik suatu gedung bisa jadi tidak lagi relevan. Ini bisa menyebabkan tidak terpenuhinya kebutuhan secara maksimal.

Dengan retrofitting, sistem yang ada bisa ditata ulang dan disesuaikan dengan kebutuhan terkini. Penyesuaian ini dilakukan dengan mempertimbangkan kebutuhan dan kecocokan desain bangunan.

2. Peralatan dapat Diperbarui
Selain sistem secara umum, retrofitting juga dapat memperbarui peralatan yang digunakan. Pembaruan tersebut bisa berupa perawatan seperti pada sistem jaringan kabel hingga penggantian komponen penunjang lainnya. Langkah pembaruan ini akan menghasilkan sistem yang lebih baik dan optimal.

3. Performa Pembangkit Listrik dapat Kembali Ditingkatkan
Adanya pembaruan dan penyesuaian tentu berpengaruh terhadap performa pembangkit listrik yang terpasang. Bahkan peningkatan performa yang ada bisa sampai seperti ketika awal pemasangan. Secara tidak langsung, ini berdampak pula pada produktivitas peralatan yang menggunakan listrik.

Peningkatan performa ini juga akan membawa dampak terhadap biaya operasional rutin yang akan dikeluarkan setelahnya. Kondisi pembangkit listrik yang lebih prima akan membutuhkan biaya yang lebih sedikit.

Retrofitting memberikan keuntungan yang dapat meningkatkan produktivitas berkaitan dengan sistem kelistrikan. Untuk melakukannya tentu perlu berdiskusi dengan konsultan pembangkit listrik yang terpercaya. Segera cek pembangkit listrik yang telah lama beroperasi, lakukan retrofitting jika perlu. Untuk lebih mudahnya, bisa langsung menghubungi Sewatama Power Service Solution.

Related Posts: