Xiaomi Redmi 8: Smartphone Kece Harga Rp 1 Jutaan

Bulan Desember lalu, Xiaomi meluncurkan smartphone Redmi 8 sekaligus saudaranya yakni Redmi 8A dan Mi True Wireless Earbuds Basic. Smartphone ini dibanderol dengan harga sekitar Rp1 juta dengan menonjolkan fungsi dan kinerja utama perangkat komunikasi, serta hiburan dan nilai estetika. Ingin mengetahui lebih jauh tentang smartphone ini? Simak ulasan berikut.


Desain yang Elegan
Dari segi desain, jika diperhatikan sekilas tak tampak seperti ponsel dengan harga Rp1,699 juta. Tersedia 3 pilihan warna yang elegan, yaitu Onyx Black, Ruby Red, dan Sapphire Blue. Pada bagian belakang, terdapat tagline “Designed by Xiaomi” yang menambah kesan mewah.

Xiaomi menerapkan desain baru dengan cetakan 3D sehingga Anda akan merasa nyaman dan lebih mantap ketika menggenggam ponsel ini. Dimensi ponsel terbilang tidak terlalu besar, yakni 156,5 x 75,4 x 9,4 mm dengan berat 188 gram. Setiap pembelian ponsel ini juga sepaket dengan silicon case transparan.

Berbeda dengan ponsel keluaran Xiaomi sebelumnya, kamera Redmi 8 terletak di bagian belakang tengah casing. Letaknya berurutan dengan lampu flash, finger print, dan tulisan Redmi yang simetris vertikal. Tampilan ini memberikan kesan modern dan unik.

Pada bagian sisi kanan ponsel terdapat tombol power dan volume, di sisi kiri terdapat slot kartu SIM dan micro SD, di sisi bawah terdapat mic, speaker, charger USB type C, dan port audio, di sisi atas terdapat infrared dan lubang noise cancellation.

Di bagian atas layar terdapat notch dengan lensa kamera kecil. Layar ponsel ini bermaterial LCD IPS dengan model bezel relatif besar. Selain itu, bagian layar sudah dilengkapi material Gorilla Glass 5 yang daya tahannya tak perlu diragukan lagi. Resolusi layar ratio 19:9 sudah mencapai HD+ 720 x 1520 pixels. Layarnya sudah mampu beradaptasi dengan baik ketika penggunaan di bawah cahaya matahari langsung.

Kamera Andalan
Xiaomi sudah menerapkan teknologi AI (Artificial Intelligence) pada kamera ponsel ini, sehingga akan memudahkan pengguna yang masih awam terhadap teknik fotografi. Teknologi ini mampu mengatur fungsi lensa serta membaca situasi lingkungan dan cahaya dengan cepat.

Pada kamera belakang, terdapat dua lensa dengan kemampuan 12 MP, f/1,8 dan 2MP untuk efek bokeh. Kamera depannya sendiri memiliki kemampuan 8 MP, f/2,0. Dengan kamera tersebut, Redmi 8 mampu merekam video berkualitas Full HD 1080p pada 30 fps. Terdapat pula fitur time-lapse.

Redmi 8 menggunakan antarmuka MIUI Global 11 dengan basis Android Pie 9. Menariknya, Anda bisa mengaktifkan dark mode yang saat ini sedang populer. Ponsel ini juga dilengkapi infrared sehingga Anda bisa menggunakan ponsel sebagai remote control untuk mengaktifkan berbagai perangkat rumah tangga.

Kemampuan membaca sidik jadi pada fitur fingerprint ponsel ini terbilang cepat sehingga keamanan ponsel Anda terjaga dari pihak lain yang tidak bertanggung jawab.

Untuk menunjang konektivitas ponsel, Redmi 8 dilengkapi hotspot, wifi, wifi direct, konektivitas 4G LTE, bluetooth, GPS yang dibantu GLONASS, A-GPS, BDS, dan GALILEO.

Performa  Menarik
Salah satu keunggulan Redmi 8 adalah kapasitas baterainya yang besar yakni 5000 mAh. Penggunaan port charger USB type C memungkinkan Anda untuk mengisi daya 40% sampai 50% dalam waktu satu jam saja. Kapasitas baterai yang jumbo ini membuat ponsel dalam kondisi standby selama 25 hari.

Dapur pacu ponsel ini telah menggunakan Snapdragon 439 (12 nm) Octa-core (2 x 1,95 GHz Cortex-A53 dan 6 x 1,45 GHz Cortex A53).

Tersedia dua varian kapasitas memori, yakni RAM 3 GB–32 GB dan Ram 4 GB–64 GB. Demikian ulasan tentang Redmi 8. Ponsel ini cocok untuk Anda yang ingin mendapatkan ponsel harga Rp1 jutaan dengan fitur-fitur yang oke.

Related Posts: