6 Tips Perawatan Mudah Jika AC Mobil Tidak Dingin

Ada berbagai cara untuk perawatan AC mobil tidak dingin, dan salah satunya ialah dengan melakukan pemeriksaan secara berkala terhadap AC mobil Anda. Dan sementara itu melakukan pemeriksaan secara berkala juga akan menghindarkan Anda dari merambatnya kerusakan pada komponen-komponen AC mobil lainnya.


Jika ingin melakukan hal tersebut Anda dapat meminta bantuan kepada mekanik atau bengkel yang mengetahui tentang AC mobil sehingga pemeriksaan dapat dilakukan dengan tepat. Dibawah ini ada beberapa tips merawat AC mobil agar tetap dingin dan Awet berikut ini informasi lengkapnya.

1. Jaga kebersihan karpet dan lantai
Cara yang pertama untuk membersihkan AC pada mobil yaitu dengan cara membersihkan interior dalam atau ruang dalam mobil sampai bersih, terutama pada bagian lantai dan karpet mobil. Kebersihan pada karpet atau lantai mobil tentu akan membuat udara yang ada di dalam kabin mobil makin bersih. Sehingga sistem filter AC bekerja dengan baik.

2. Mengistirahatkan AC
Mengistirahatkan AC mobil saat perjalanan jauh juga cukup efektif dalam menjaga keawetan AC mobil Anda. Setelah suhu pada ruang kabin Anda terasa panas dan gerah maka Anda dapat menghidupkan kembali AC mobil anda. Hal ini dapat menghindari resiko terjadinya pembekuan pada saluran AC mobil anda

3. Pastikan extra fan kipas bekerja
Pastikan jika extra fan kipas yang ada di depan kondensor AC bekerja secara optimal saat kondisi AC dinyalakan. Jika extra fan mati, di saat kondisi AC masih hidup, maka dapat menyebabkan resiko kerusakan pada kompresor bahkan dapat menyebabkan selang kompresor meledak saat digunakan.

4. Tidak merokok
Hal penting berikutnya adalah pastikan jika Anda tidak merokok didalam mobil, ketika AC menyala. Ini menyebabkan asap rokok dapat mengotori evaporator karena nikotin pada rokok bisa lengket dan bahkan dapat menimbulkan bau yang tidak sedap. Selain  itu juga usahakan untuk tidak sering membuka jendela pada mobil Anda saat AC sedang dinyalakan.

5. Periksa kondisi filter dengan rutin
Cara memeriksa kondisi filter secara rutin gunakan filter kabin yang bekerja untuk menyaring sehingga mencegah debu dan kotoran yang dapat terhisap ke dalam evaporator. Sementara untuk melakukan pengecekan filter kabin mobil Anda, maka service dan jangan  ganti filter kabin mobil anda jika usia penggunaanya sudah cukup lama.

6. Matikan AC Sebelum Mesin Mati
Berikutnya cara untuk merawat AC mobil agar tetap dingin yaitu dengan cara mematikan terlebih dahulu AC pada mobil Anda sebelum mesin mobil dimatikan. Hal ini juga lebih baik menyalakan AC mobil saat mesin mobil Anda dalam keadaan hidup, amati ketika Anda turun dari mobil sebelum mematikan mesin pastikan Anda mematikan AC mobil terlebih dulu.


Berikut merupakan tips perawatan ringan jika AC tidak dingin. Anda sekarang harus lebih mengamati dan juga rutin melakukan service AC mobil, karena ketika Anda hanya melakukan perawatan ringan dalam jangka waktu panjang maka tidak menutup kemungkinan AC mobil Anda akan mengalami masalah.
loading...

Related Posts: