5 Tips agar Tak Boros saat Belanja di Harbolnas

Harbolnas sebentar lagi akan tiba. Apa yang paling Anda nanti? Diskon besar-besaran, cashback, promo atau yang lainnya? Tentu saja Anda bisa memanfaatkan semua hal tersebut guna bisa berbelanja barang impian. Ups, ingat! Jangan sampai Anda malah terjebak promo palsu dan malah lebih boros dibanding belanja di hari biasa. Bagaimana caranya?

harbolnas

1. Ketahui dengan Baik Situs yang Dituju
Salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk tetap hemat ketika belanja di Hari Belanja Online Nasional adalah mengetahui situs yang akan dituju. Selama masa ini, setidaknya ada lebih dari 200 e-commerce yang akan berpartisipasi. Mereka menyediakan banyak sekali kebutuhan Anda mulai perlengkapan rumah, fashion, tiket pesawat, handphone dan lainnya.

Dengan banyaknya situs ecommerce yang tersedia, tentunya Anda bisa bebas mencari situs terbaik yang menyediakan penawaran terbaik pula. Selain itu, pastikan pula situs yang Anda pilih memiliki reputasi yang bagus dan produk yang dijual berkualitas serta tak ada masalah dalam sistem pengirimannya.

2. Jangan Silau dengan Potongan Harga
Hal yang menyebabkan seorang bisa kalap belanja di hari tersebut adalah adanya diskon yang besar. Diskon besar-besaran memang bukan hal ganjil di hari ini. Bahkan, ada saja e-commerce yang memberikan diskon hingga 95% besarnya. Tapi, sebelum Anda termakan rayuan potongan harga yang besar, ada baiknya cek dulu.

Pastikan bahwa kondisi barang yang ditawarkan benar-benar baik dan diskon tersebut bukan tipuan. Selain itu, pastikan juga apakah harga tersebut masuk akal. Bila untuk peralatan rumah tangga semisal sabun dan lainnya, mungkin masih. Tapi, kalau sudah menyangkut peralatan elektronik seperti ponsel, apa mungkin?

3. Belanja dengan Koneksi Internet Sendiri
Selain itu, ada baiknya Anda berbelanja menggunakan koneski internet sendiri. Alangkah lebih baik lagi, bila menggunakan komputer atau ponsel pribadi. Hal ini sangat dianjurkan untuk faktor keamanan. Apalagi bila Anda berbelanja menggunakan alat pembayaran kartu kredit, bisa-bisa bobol tabungan Anda bila disalahgunakan orang tak bertanggungjawab.

4. Cermati Cara Bayar
Cara lain yang bisa Anda lakukan agar tak boros ketika berbelanja di Harbolnas adalah mencermati cara bayar. Biasanya, ada beberapa cara bayar yang diberikan pihak e-commerce seperti transfer, kartu kredit, pembayaran e-wallet atau dompet elektronik hingga cash on delivery.

Saat ini, cara paling aman untuk proses pembayaran adalah cas on delivery alias COD. Hanya saja, bagaimana kalau wilayah Anda tidak termasuk dalam jangkauan? Kalau begitu, gunakan saja cara bayar seperti transfer menggunakan minimarket atau bank. Kalau perlu, pilih yang tidak mengenakan biaya administrasi tambahan sehingga Anda tidak mendapat beban lain.

5. Manfaatkan Poin, Rewards dan Koin
Pada beberapa e-commerce, akan ada yang namanya cashback untuk pembeli. Cashback itu seringkali diberikan dalam bentuk poin dan koin yang bisa Anda dapat dari transaksi belanja sebelumnya. Selain itu, ada juga e-commerce yang memberikan rewards setelah Anda berbelanja dengan nominal tertentu.

Nah, memanfaatkan ini bisa jadi salah satu cara agar Anda lebih hemat ketika berbelanja online di hari tersebut. Menggunakan poin, koin dan reward akan bisa memotong biaya yang harus Anda bayarkan.

Itulah beberapa tips yang bisa Anda lakukan agar tak boros meski menghadapi banyak rayuan diskon di Harbolnas. Daripada Anda pusing cari situs e-commerce terpercaya yang tak tipu-tipu, coba saja kunjungi Blibli. Blibli memberikan bukti semua promo yang dilakukan nyata. Barang yang dibeli pun akan dikirimkan sesuai dengan pesanan.

Related Posts: